Cara Agar Rumah Nyaman Tanpa AC

Memiliki rumah yang nyaman dan asri tentu saja menjadi dambaan setiap pemiliknya. Saat ini rumah dengan pendingin ruangan sudah menjadi pilihan bagi banyak orang karena udara yang sudah berubah-ubah, terutama di wilayah perkotaan yang dominan bercuaca panas. Namun demikian tidak ada salahnya jika anda mencoba alternatif lain dalam mendinginkan suasana rumah dengan lebih alami. Satu diantara nya adalah dengan merenovasi rumah agar nyaman dan sejuk meskipun tanpa menggunakan AC. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah anda lebih terlihat natural serta dingin meskipun tanpa memakai pendingin ruangan.

  • Penghijauan

Menyediakan banyak oksigen didalam rumah akan sangat bermanfaat bagi anda untuk menciptakan suasana yang sejuk dan asri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat area hijau baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Jika di luar rumah, anda dapat mencoba pembuatan taman minimalis atau sekadar menyediakan rumput hijau. Namun, apabila didalam ruangan, saat ini sudah tersedia ruang hijau indoor atau dikenal dengan sebutan innercourt. Anda juga bisa memanfaatkan vertical garden untuk digantung pada dinding di dalam rumah. Dengan begitu maka oksigen dalam rumah akan selalu tersedia.

  • Perbanyak Ventilasi

Mengendalikan sirkulasi udara di dalam rumah penting untuk membiarkan udara segar masuk. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan adanya ventilasi dengan jumlah yang cukup. Standar ventilasi pada ruangan seperti kamar adalah dua lubang ventilasi dengan arah yang berbeda. Selain itu, menggunakan bahan kayu pada ventilasi juga turut menyumbang sirkulasi udara lebih alami.

  • Hindari Bahan Kaca

Model rumah saat ini banyak menggunakan baja ringan serta kaca untuk memudahkan pemasangan serta tampak lebih elegan. Namun, tahukah anda bahwa bahan tersebut yang sesungguhnya membuat rumah semakin panas. Mensiasati hal ini sebaiknya rumah dibuat dari bahan kayu, untuk atap lebih dingin jika anda memilihnya dari bahan genteng alami. Genteng dari tanah liat akan menyerap panas dan memunculkan udara dingin dari atap anda.

  • Dinding Batu

Dinding batu dapat menjadi pilihan anda saat rumah terasa panas dan lembab. Pemilihan dinding batu sebagai bahan diluar rumah bisa juga menjadi aksen tersendiri bagi rumah anda. Saat ini cukup banyak desain rumah dengan keunikannya. Kenapa tidak menjadikan dinding dari batu alam sebagai aksen unik dalam rumah anda? Selain sejuk, bisa menampilkan aksen yang berbeda dari yang lain.

Mendesain rumah dengan memerhatikan beberapa hal tadi adalah sebuah investasi kesehatan bagi keluarga anda. Sirkulasi udara yang baik akan membuat kesehatan pernapasan anda terjaga dan semakin betah berada di dalam rumah. Demikian artikel informatif mengenai cara membuat rumah yang nyaman meski tanpa AC, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *