Ini Dia 3 Tips Cerdas Agar Ponsel Android Anda Aman Dari Serangan Hacker

Bisa dibilang bahwa saat ini, ponsel android sedang menjadi primadona dipasaran gadget seluruh dunia. Hal itu juga tidak terlepas dari kinerja perangkat ponsel android, yang kerap memanjakan para penggunanya. Dengan kata lain, kita bisa mengakses apa saja yang sesuai dengan kreatifitas yang kita miliki, dalam memodifikasi spek yang telah tersemat pada perangkat androidnya. Namun sayang, di satu sisi juga terdapat ancaman yang cukup serius dari para hacker.

Seperti yang kita ketahui, bahwa hacker memiliki hobi untuk membobol hal-hal apa saja yang sifatnya rahasia. Mulai dari mengambil alih password, data pribadi, dokumen rahasia, dan masih banyak lagi. Lantas, apa yang harus kita perbuat dalam hal ini ? Berbicara soal tips aman menggunakan android, ada beberapa tips yang wajib anda coba sebagai bentuk antisipasinya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada 3 tips cerdas agar ponsel android anda aman dari serangan hacker :

  1. Wajib Menggunakan App Permissions

Ponsel android yang telah mengusung Marshmallow, sangat berbeda pada sistem OS Android. Mengapa demikian ? Pasalnya, Marsmallow tidak pernah lupa untuk meminta izin pada setiap aplikasi yang hendak di install pada ponsel androidnya. Dengan App Permissions, anda bisa menolak aplikasi-aplikasi yang mencurigakan. Alhasil, ponsel android anda pun akan terbebas dari aplikasi yang tidak berguna serta aman dari serangan hacker.

  1. Gunakan Aplikasi Android Device Manager

Android Device Manager adalah salah satu aplikasi yang berfungsi untuk melacak keberadaan ponsel androidmu yang hilang. Pasalnya, aplikasi yang satu ini bisa menelusuri keberadaan ponsel android milik anda, yang secara otomatis akan dihubungkan ke akun Google anda. Selain itu, anda juga bisa mereset PIN screen lock ponsel androidnya, jika ada kejadian-kejadian yang tidak disangka. Yang lebih hebatnya lagi, anda bisa men-delete semua data-data pribadi yang ada pada ponsel androidnya.

  1. Selalu Menyimpan Data-data Penting Pada Memori Internal

Perlu kalian catat bahwa memori eksternal, tingkat resiko kehilangan data-data penting sangat tinggi. Mengapa bisa demikian ? Pasalnya, memori eksternal kerap mencampuradukkan antara EXT dengan FAT, sehingga file pribadi anda sangat rentan untuk disusupi oleh para hacker. Mengingat akan hal tersebut, ada baiknya jika anda selalu menyimpan data-data penting pada memori internal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *