Ini Dia Bagian Modifikasi Motor Honda Yang Dilarang

Berencana melakukan modifikasi motor honda? Pernah dengar kabar kalau modifikasi motor itu dilarang belum. Bahkan bisa sampai di denda hingga 24 juta lho. kabar ini tak sekadar kabar hoax kog kawan, ini kabar sebenarnya. Sebab ketentuan semacam ini tertulis jelas dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan Jalan. So, masih mau lanjut modifikasi motor kamu?

Eits, tenang saja. Kabar di atas memang benar selama kamu tidak memahami konsep bagian mana yang dilarang. Kalau kamu sudah paham. Tentu saja kamu tidak akan kena denda 24 juta, sebab hanya pada bagian tertentu sajalah modifikasi motor di larang. Hal ini juga sebenarnya demi keselamatan pengemudi dan pengendara lain.

Bagian Modifikasi Motor Honda Yang Dilarang

Buat kamu yang mau modifikasi, ingat ya jangan lakukan modifikasi pada bagian berikut secara berlebihan. Bagian apa saja itu:

  1. Modifikasi pada bagian yang mengganggu berkendara

Untuk membuat motor sebagaimana saat anda pertama kali beli, itu tidak asal buat lho. pabrik sudah berulang kali melakukan penelitian untuk menguji tingkat keamanan dan keselamatan motor.

Misalnya mengapa motor harus ada lampu sein seperti itu? mengapa juga ada kacaspion yang letaknya disitu dengan menggunakan jenis kaca seperti itu. Mengapa knalpot suaranya segitu? Semuanya sudah diteliti dan diuji. Maka jangan sekali-kali kamu melakukan modifikasi hingga melakukan penggantian atau melah menghilangkan bagian yang dapat membahayakan itu.

  1. Mengganti mesin

Beberapa orang melakukan modifikasi dengan mengganti mesi motornya dengan motor jenis lain. Padahal itu sebenarnya dilarang lho. Memang tidak semuanya. Mengganti mesin motor boleh saja, dengan catatan masih sama tipe dan mereknya. Jadi kalau menggantinya dengan yang lebih baru boleh-boleh saja.  

Selain dua hal tersebut di atas, saat kamu melakukan modifikasi motor Honda, kamu juga tidak boleh mengganti ukuran ban menjadi lebih kecil atau yang di bawah ukuran standarnya ya. Sebab itu bisa berbahaya bagi pengguna. 

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai batasan modif bagi motor Anda. Jangan sampai berlebihan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *