Pengertian Serta Cara Mengatasi Bootloop Di Android

Anda pengguna sistem operasi android ? seharusnya sudah sangat familir dengan permasalahan bootloop. bootloop merupakan sebuah permasalahan yang terjadi pada sistem operasi android yang ditunjukkan dengan gagalnya melakukan proses booting untuk masuk ke dalam sistem utama. Dan yang menjadi ciri-cirinya adalah dengan hanya menampilkan logo android saja ketika di hidupkan berulang kali.

Ketika anda mengalami permasalahan bootloop jangan langsung panic dan membawanya ke konter service hp. Tapi anda bisa mencoba untuk mengatasi bootloop secara mandiri. Nah berikut ini ada sedikit panduan cara mengatasi bootloop pada smartphone android. Pada dasarnya, cara mengatasi android dari permasalahan bootloop sangatlah beragam. Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa diantaranya berdasarkan tingkat bootloop yang terjadi.

  1. Bootloop Ringan atau Light Bootloop

Meskipun hanya mengalamai light bootloop, namun jika anda biarkan terus menerus tanpa adanya upaya untuk mengatasinya maka bisa menjadi permasalahan yang serius. Untuk itu ketika terjadi bootloop ringan, anda hanya perlu mengatasinya dengan cara yang serderhana tanpa perlu melakukan hal teknis. Cukup dengan mematikan ponsel anda, kemudian lepaskan segala perlengkapan seperti baterai, memori card serta kartu. Tunggu beberapa menit, lalu hidupkan kembali. Jika memang ponsel anda hanya mengalami bootloop ringan maka pada proses ini sudah bisa kembali berjalan normal. Namun jika belum bisa teratasi maka anda bisa mencobanya dengan cara nomor dua.

  1. Bootloop Parah atau Hard Bootloop

Berbeda dari masalah pertama, jika smartphone android anda sudah terserang bootloop pada tingkat yang parah maka perlu dilakukan tindakan teknis untuk memperbaikinya. Berikut ini beberapa langkah teknis yang bisa anda gunakan.

  • Untuk mengatasi android bootloop parah maka salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan mensetting kembali smartphone pada pengaturan pabrikan atau sering dikenal dengan istilah factory reset. Untuk melakukan hal tersebut kita harus terlebih dahulu masuk ke recovery mode.
  • Biasanya setiap jenis smartphone memiliki short cut tersendiri untuk masuk ke dalam recovery mode salah satunya adalah dengan menekan tombol home+volume up+power secara bersama-sama. Anda bisa cari short cut berdasarkan merk ponsel yang anda miliki di internet. Jika sudah berhasil masuk ke recovery mode, maka selanjutnya adalah dengan menggerakkan kursor menggunakan tombol volume dan tombol power digunakan sebagai tombol enter/ok. Jika tombol sudah berfungsi maka anda bisa melakukan hal ini wipe data/factory reset->yes delete all user data->reboot system now. Jika sudah smartphone android anda akan restart dan selanjutnya cukup dengan mengisi akun dan install berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan.

Dengan artikel ini, semoga teman-teman bisa mendapatkan solusi terbaik dalam mengatasi bootloop android. mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua terutama yang telah membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *